Faktor yang Membuat Prabowo-Hatta Banjir Dukungan

Rabu, 28 Mei 2014 - 05:36 WIB
Faktor yang Membuat Prabowo-Hatta Banjir Dukungan
Faktor yang Membuat Prabowo-Hatta Banjir Dukungan
A A A
JAKARTA - Dukungan terhadap pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terus mengalir deras. Belum lama ini pihak-pihak yang telah menyatakan dukungannya adalah buruh, aktivis, masyarakat Indonesia timur, santri, kiai, artis, cendikiawan, purnawirawan jenderal, guru besar, hingga artis.

Pengamat Politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Ahmad Taufan Damanik mengatakan, dukungan dari berbagai kalangan yang terus mengalir ke pasangan Prabowo-Hatta dipengaruhi dua faktor. Faktor pertama, realitas bahwa masyarakat mulai ragu akan kemampuan Joko Widodo (Jokowi) memimpin bangsa ini.

"Karena isu kapabilitas Jokowi yang oleh sebagian pihak ragu. Keraguan ini lantas membuat masyarakat mulai berpaling ke Prabowo yang sangat kuat dengan citra tegasnya," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (28/5/2014).

Faktor kedua, lanjut Taufan, yang menyebabkan dukungan semakin besar terhadap Prabowo-Hatta karena Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang bersikap tertutup terhadap kalangan dari luar partai politik.

"Sikap over confidence Mega ini lumayan merugikan. Sikap Mega yang menjaga jarak dengan kekuatan lain membuat berbagai kalangan dari latar belakang ini lari ke Prabowo-Hatta. Di sisi lain, Prabowo-Hatta menyambut mereka dengan hangat dan penuh kekeluargaan," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7960 seconds (0.1#10.140)