Kawal Capres-Cawapres, Polri Siapkan Tim Pengamanan VIP

Rabu, 21 Mei 2014 - 17:35 WIB
Kawal Capres-Cawapres, Polri Siapkan Tim Pengamanan VIP
Kawal Capres-Cawapres, Polri Siapkan Tim Pengamanan VIP
A A A
JAKARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan tim Satuan Tugas VIP untuk pengamanan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), yang merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2014.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar, tim Satgas itu sudah dilatih dan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan khusus.

"Kami siapkan Satgas VIP untuk enam pasangan calon presiden dan calon wakil presiden," jelas Boy di Gedung Humas Polri, Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Boy menambahkan, Satgas VIP itu nantinya akan melakukan pengamanan melekat bersama capres dan cawapres dalam setiap proses pemilihan umum presiden (pilpres).

Dia juga mengatakan, para personel pasukan pengamanan khusus itu ada yang berpakaian lengkap, maupun sipil. "Pengamanan yang dilakukan Satgas nanti bersifat tertutup dan terbuka. Fungsi tertutup oleh intelijen yang melekat bersama dengan tim itu," tegasnya.

Tim Satgas VIP, lanjut Boy ,akan diisi oleh unsur dari patroli pengawalan lalu lintas (Patwal) roda dua dan empat. Kemudian, pengawalan pribadi yang memang disiapkan satu kendaraan khusus.

Selain itu, tim kesehatan juga akan menyertai para capres, lengkap dengan dokter, perawat maupun ambulance. "Ini akan bersama capres cawapres selama melakukan kegiatan, baik di ruang tertutup maupun terbuka," paparnya.

Jenderal polisi bintang satu ini, mengaku Tim Satgas VIP akan melaksanakan tugasnya 1 x 24 jam dengan metode shift yang akan diatur oleh perwira senior atau Kepala Satgas. "Ini akan berjalan sampai pelantikan resmi (presiden) pada Oktober 2014," sambungnya.

Terkait jumlah personel, Boy mengatakan, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan. "Jumlah kami tidak bisa disampaikan secara fix. Konteks kekuatan berbeda sesuai kebutuhan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6360 seconds (0.1#10.140)