Demokrat Resmi Jadi Penonton Pilpres

Rabu, 21 Mei 2014 - 02:48 WIB
Demokrat Resmi Jadi Penonton Pilpres
Demokrat Resmi Jadi Penonton Pilpres
A A A
JAKARTA - Dengan ditutupnya pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pukul 4 sore kemarin, secara otomatis Partai Demokrat menjadi penonton Pemilu Presiden (pilpres) pada Juli 2014.

"Itu pernyataan basi. Sebab, tanpa harus disampaikan pun, terhitung sejak pukul 16.00 tadi, Demokrat resmi menjadi penonton pilpres. Jadi penyampaian sikap politik itu sudah lewat momentumnya," kata Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA) Said Salahuddin ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (20/5/2014) malam.

Karena, kata Said, secara hukum Partai Demokrat sudah otomatis tidak bisa lagi ikut mengusung pasangan calon mana pun secara formal. Sehingga, pernyataan sikap politik Partai Demokrat kemarin yang intinya menyatakan tidak akan bergabung secara formal dengan pasangan capres-cawapres mana pun sama sekali tidak memiliki signifikansi, atau sekadar basa-basi.

Lanjut Said, pernyataan Partai Demokrat yang ingin mencermati terlebih dahulu visi, misi, dan program para capres untuk kemudian menentukan sikap mendukung salah satu pasangan, lebih aneh lagi. Karena, Demokrat adalah partai politik, bukan ormas. Sebab, yang menilai dan mengkritisi visi, misi, dan program capres-cawapres itu adalah masyarakat, bukan partai.

"Dalam pilpres, partai justru seharusnya berperan membantu menyusun visi, misi, dan program capres-cawapres. Bukannya malah berperan sebagai juri," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6569 seconds (0.1#10.140)