Beberapa antisipasi pemerintah terkait virus MERS

Kamis, 08 Mei 2014 - 02:02 WIB
Beberapa antisipasi pemerintah terkait virus MERS
Beberapa antisipasi pemerintah terkait virus MERS
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, pemerintah sudah melakukan beberapa antisipasi terkait kewaspadaan terhadap virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov).

Agung menjelaskan, yang dilakukan Pemerintah Indonesia salah satunya, mengimbau kepada jemaah umrah untuk melihat dan memikirkan saran yang disampaikan World Health Organization (WHO) untuk tidak mengizinkan jemaah haji atau umrah yang berusia 65 tahun keatas.

Menurutnya, jika memang harus berangkat maka ikuti petunjuk untuk menghindari kerumunan dan menggunakan masker. Selain itu, antisipasi lain yakin, menyediakan 100 Rumah Sakit (RS) rujukan yang sebelumnya digunakan untuk menangani pasien flu burung.

Terkait pembuatan vaksin lanjut Agung, masih belum ditemukan spesifikasi vaksin untuk MERS-COv. Maka yang terpenting adalah menjaga masa krisis, maka jika tidak dirawat secara intensiv akan fatal akibatnya.

"Jika diperhatikan virus ini menyertai penyakit lama yang diderita pasien. Karena menyerang imunitas tubuh pasien. Akibatnya terjadi komplikasi seperti gagal jantung," ujar Agung Laksono di Jakarta, Rabu 7 Mei 2014.

Maka diupayakan jika WHO sudah megeluarkan vaksin, maka Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diyakini dapat membuat vaksin tersebut.‎ "Menkes optimis beberapa minggu kedepan semoga bisa membuat vaksin. Jika vaksinnya sudah ditetapkan," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8727 seconds (0.1#10.140)