Figur cawapres jadi kunci kesuksesan parpol

Jum'at, 02 Mei 2014 - 07:00 WIB
Figur cawapres jadi kunci kesuksesan parpol
Figur cawapres jadi kunci kesuksesan parpol
A A A
Sindonews.com - Pasca Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu, elite partai politik (parpol) bergerilya melakukan pendekatan politik dengan partai lain. Langkah tersebut untuk menyiapkan kekuatan demi memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli mendatang.

Meskipun belum mengetahui hasil resmi perolehan suara pileg dan hanya mendasarkan hasil hitung cepat (quick count), beberapa parpol bergerak cepat dalam melakukan komunikasi dengan parpol lain.

Kendati demikian, hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Nasional Demokrat (NasDem) yang sudah resmi berkoalisi. Sementara parpol lain masih melakukan penjajakan dengan parpol lain.

Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana Heri Budianto menilai, peta koalisi masih sangat cair, apalagi tidak ada satupun parpol yang berhasil meraih suara cukup signifikan untuk mengusung capres.

Sementara, lanjut dia, kandidat capres sudah diumumkan oleh masing-masing partai. Dengan demikian peran calon wakil presiden (cawapres) sangat menentukan dan menjadi rebutan partai-partai yang belum menentukan cawapresnya.

Dia mencontohkan, jika capres seperti Joko Widodo, Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto salah dalam mengambil cawapresnya maka risikonya adalah gagal dalam pilpres.

Menurut dia, ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan parpol dalam mencari cawapres yakni, memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi untuk mendongkrak perolehan suara. "Juga mendapat back up dalam parlemen jika berhasil memenangkan pertarungan," ucapnya.

Hal tersebut diakui Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Tantowi Yahya. Menurut dia, seorang cawapres bukan sekadar memenuhi syarat suara tapi juga harus bisa memenangkan pilpres.

"Saat ini elektabilitas capres semuanya di bawah 30 presiden. Makanya elektabilitas cawapres harus bisa mendorong di atas itu. Sehingga semuanya berhati-hati dalam menentukan pasangannya agar mulus dalam pencalonannya," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.1984 seconds (0.1#10.140)