Caleg tidak terpilih jangan dimaki

Sabtu, 26 April 2014 - 11:13 WIB
Caleg tidak terpilih jangan dimaki
Caleg tidak terpilih jangan dimaki
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Umum (Pemilu) telah berlangsung 9 April lalu. Hasil pemilu menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka calon anggota legislatif yang berhasil mendulang suara besar dan berhasil menjadi anggota DPR/DPRD/DPD.

Sebaliknya, pemilu bisa menjadi momentum yang menyakitkan bagi caleg yang gagal menjadi wakil rakyat. Tidak sedikit caleg yang akhirnya depresi sehingga berperilaku aneh.

Menurut Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Didik J Rahbini, harus ada sikap saling menghormati antarcaleg, baik yang lolos atau gagal dalam pemilu.

"Yang kalah ini kan ada ratusan ribu orang caleg. Sekarang cara pandang saja, kalau modern, misalnya pertandingan Bayern Munchen lawan Real Madrid, saat kalah Munchen-nya hormat. Tapi, primitif kaya ayam disabung, kalau kalah harus disembelih. Nah, sudut pandang primitif kalah itu dicaci maki hingga stres, itu tidak boleh," tutur Didik dalam diskusi Sindo Trijaya Network bertema Pemilu Bikin Pilu di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/4/2014).

Menurut dia, iklim demokrasi di Indonesia sangat terasa. Apalagi faktanya, Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, setelah India dan Amerika Serikat.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3539 seconds (0.1#10.140)