PDIP akan umumkan cawapres pada 'Jumat suci'

Kamis, 24 April 2014 - 16:29 WIB
PDIP akan umumkan cawapres pada Jumat suci
PDIP akan umumkan cawapres pada 'Jumat suci'
A A A
Sindonews.com - Teka-teki mengenai siapa calon wakil presiden (cawapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang akan mendampingi Joko Widodo (Jokowi), nampaknya akan terjawab.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Ahmad Basarah mengatakan, kemungkinan besar akan diumumkan Jumat.

"Silakan setiap hari Jumat menunggu pengumuman cawapresnya, seperti kronologi proklamasi dan pencapresan Jokowi yang juga berlangsung di hari Jumat. Apakah Jumat besok atau lusa kami enggak tahu," kata Ahmad Basarah kepada wartawan di Kantor Formappi Matraman, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Menurut Basarah, hari Jumat merupakan hari yang suci bagi PDIP. Oleh karena itu, dia menyebutnya sebagai "Jumat suci". Karena, selain Bung Karno memprolamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 silam tepat pada hari Jumat. Pengumuman pencapresan Jokowi pun berlangsung pada hari Jumat.

"KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) kan Jumat keramat, tapi kami bukan KPK referensinya. Tapi bung karno saat memprokamikan kemerdekaan, Jumat suci," jelasnya.

Dia menjelaskan, terkait cawapres berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 PDIP, pengumuman cawapres berada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sebagaimana pengumuman capres lalu dengan melihat waktu yang strategis.

"Kami DPP partai, sebagai pembantu ibu Mega belum melihat siapa cawapes dalam waktu dekat ini. Tapi bukan berarti tidak akan mengumumkan dalam waktu dekat," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, semua kandidat cawapres yang disebut-sebut selama ini di media, memiliki peluang yang sama. Jusuf Kalla (JK), Ryamizard Ryacudu, Mahfud MD, maupun Puan Maharani sama-sama memiliki kompetensi yang diinginkan PDIP untuk menjadi cawapres Jokowi.

"Semua tokoh yang disebutkan punya paluang. Kita belum sampai pada kesimpulan Pak JK akan dipilih," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7077 seconds (0.1#10.140)
pixels