Caleg ini raup hampir 100 persen suara

Senin, 21 April 2014 - 16:29 WIB
Caleg ini raup hampir 100 persen suara
Caleg ini raup hampir 100 persen suara
A A A
Sindonews.com - Calon Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Irwandi Natsir mendapatkan suara nyaris 100 persen di daerah pemilihannya di tiga desa di Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone.

Bahkan di Desa Mattiowarakie, calon anggota legislatif (caleg) yang maju dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu meraih 100 persen suara. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Legislatif 2014 pada Sabtu 19 April 2014 lalu.

Saksi dari Partai Golkar, Andi Irwansyah mempertanyakan kondisi tersebut sesaat setelah pembacaan rekap suara oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bontocani

"Dalam kondisi pemilihan dan demokrasi, rasanya tidak mungkin ada hal tersebut, saya meminta kepada penyelenggara di Kecamatan Bontocani untuk menjelaskan bagaimana mungkin hal tersebut bisa terjadi," ujar Irwansyah mempertanyakan perolehan suara Irwandi yang saat inimenjabat wakil ketua DPRD Kabupaten Bone.

Irwansyah tidak percaya Irwandi mendapatkan suara sebesar itu. Dia pun menanyakan keberadaan saksi dari partai lain dalam mengawasi penghitungan suara di dapil tersebut. "Kami minta transparansi dalam hal ini," pinta Irwansyah di forum itu.

Ketua KPUD Bone Aksi Hamzah menjelaskan perolehan suara Irwandi adalah real dan merupakan fakta yang terjadi di lapangan. "Itulah faktanya, penyelenggara telah bekerja maksimal. Justru yang dipertanyakan adalah mengapa partai tidak mengirim saksi di sana. Mungkin karena tidak ada biaya, jauh dan tidak ada yang mau," tukasnya.

Kalau ada keberatan, kata dia, saksi seharusnya menyatakannya kepada kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan penitia pemilihan kecamatan (PPK) setempat. "Saat ini kita berbicara faktanya saja, dan sejauh ini fakta yang kami dapatkan perolehan suara dia memang demikian," pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Panwas Kabupaten Bone, Staf Panwas Asriati mengatakan sejauh ini pihaknya tidak mendapatkan laporan pelanggaran yang terjadi di daerah yang perolehan suara Irwandi yang mencapai 100% tersebut. "Kami tidak menerima laporan ataupun keberatan terkait hal tersebut di lapangan," ujarnya.

Kecamatan Bontocani tergolong kecamatan terjauh di Kabupaten Bone, berjarak kurang lebih 100 Km dari kota Watampone, selain itu akses jalan pun tergolong sulit. Di Desa Mattirowalie misalnya, jalur ke daerah setelah jalan beraslpal di ibu kota kecamatan Bontocani, harus mempuh jalan masuk sejauh 45 kilometer jalan tidak beraspal.

Di kecamatan ini, selain kampung halaman Irwandi memang dikenal basis suaranya di tiap pemilihan umum, Dari data yang dihimpun Andi Irwandi Natsir memperoleh mayoritas suara di Kecamatan Bontocani sebanyak 3.570 suara, namun yang paling menonjol adalah di ketiga desa tersebut. Bahkan di Desa Mattirowalie Andi Irwandi memperoleh 100% suara yakni 565 suara.

Sedangkan di Desa Lamoncong Andi Irwandi memperoleh 116 suara, Caleg lain hanya memperoleh 2 suara di desa ini. Sementara itu di Desa Langi Andi Irwandi memperoleh 664 suara, hanya menyisakan 20 suara untuk caleg lain di desa ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8720 seconds (0.1#10.140)
pixels