Choel disebut titipkan PT Global Daya Manunggal

Senin, 14 April 2014 - 12:22 WIB
Choel disebut titipkan PT Global Daya Manunggal
Choel disebut titipkan PT Global Daya Manunggal
A A A
Sindonews.com - Sidang lanjutan dugaan korupsi proyek Sport Center Hambalang Bogor kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar saksi Saul Paulus David Nelwan atau Paul Nelwan soal peran Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng dalam proyek Hambalang senilai Rp2,5 triliun itu.

"Pak Wafid (Wafid Muharam, mantan Sesmenpora) pernah cerita apa soal Pak Choel?" tanya Jaksa Supardi di Pengadilan Tipikor, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Awalnya Paul Nelwan mengaku tidak pernah mendapat cerita dari Wafid terkait adik mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng itu. "Seingat saya tidak pernah Pak," jawab Paul.

Jaksa Supardi langsung membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Paul saat menjalani pemeriksaan saat proses penyidikan di KPK.

"Di BAP saudara, Pak Wafid pernah menyampaikan ada pertemuan yang di ikuti Pak Choel. Pak Choel pernah menitipkan PT Global Daya Manunggal," tanya Jaksa Supardi.

Paul Nelwan langsung membenarkan. "Benar pak," jawabnya.

Sebelumnya, Choel sebagai Direktur Eksekutif FOX Indonesia mengaku, pernah menerima uang sebesar Rp2 miliar dari PT Global Daya Manunggal. Choel membantah uang tersebut terkait proyek Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Saya jelaskan Rp2 miliar saya terima minggu pertama Mei 2010. Tapi itu jauh sebelum Hambalang. Dan bukan berurusan dengan Hambalang. Uang itu fee saya karena memperkenalkan Herman dengan klien saya," ujar Choel usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 25 Januari 2013.

Namun uang yang diterima Choel dari komisaris PT Global Daya Manunggal (subkontraktor Hambalang), Herman Prananto, sudah dikembalikan ke penyidik KPK.

Baca berita:
Andi Mallarangeng perkaya diri lewat Choel
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)