NU effect berperan naikkan suara PKB

Kamis, 10 April 2014 - 09:42 WIB
NU effect berperan naikkan...
NU effect berperan naikkan suara PKB
A A A
Sindonews.com - Suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang naik sekitar dua kali lipat dinilai efek dari semakin melekatnya partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu dengan Nahdlatul Ulama (NU).

"Yang terjadi bukan Rhoma Irama effect karena di survei elektabilitas Rhoma Irama itu kecil. Yang terjadi adalah NU effect dimana suara NU kumpul kembali ke PKB," kata Direktur Ekskutif Indo Barometer M Qodari ketika dihubungi, Kamis (10/4/2014).

Pentingnya peran NU ini, kata dia, jelas karena NU adalah ibu dari PKB. "Dan jumlah massa NU itu mencapai lebih 30 persen muslim seluruh Indonesia," ujarnya.

Jadi, kata dia, kumpulnya suara NU ke PKB berkat orkestrasi Muhaimin yang mau mengalah dan memberi tempat besar pada sosok seperti Rhoma Irama dan Ahmad Dhani dalam kampanye-kampanye, Rusdi Kirana (Lion Air) dengan sumber dayanya, Mahfud MD dan Jusuf Kalla dengan pemberitaannya.

"Dan pamungkas, tampilnya Said Aqil Siradj (Ketua PBNU) dalam iklan-iklan resmi PKB," terangnya.

Merujuk hasil analisa exit poll Kompas, faktor Nahdliyin memang begitu dominan yang sangat menaikkan elektabilitas PKB. Di exit poll Kompas tersebut menunjukkan 90 persen suara PKB berasal dari Nahdliyin.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8765 seconds (0.1#10.140)