Kades diduga bagikan raskin berisi stiker caleg

Selasa, 08 April 2014 - 10:58 WIB
Kades diduga bagikan raskin berisi stiker caleg
Kades diduga bagikan raskin berisi stiker caleg
A A A
Sindonews.com - Panwaslu Gorontalo menyita beras untuk rakyat miskin (Raskin) yang dibagikan kepada masyarakat karena terdapat stiker salah seorang caleg.

Raskin berstiker caleg itu ditemukan di Desa Bubeya, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Anggota Panwaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said mengatakan, raskin seberat lima kilo gram itu dibagikan oleh kepada desa setempat kepada masyarakat.

"Dalam beras itu ada stiker salah seorang calon anggota legislatif. Dapil 1 Bone Bolango, bernama Eliawati Musrifin, merupakan istri kades sendiri," ungkap Siti, Selasa (8/4/2014).

Menirit Siti pihaknya mendapat laporan dari warga, kemudian Panswascam langsung melakukan penyitaan raskin itu sebagai barang bukti. Untuk kemudian ditindaklanjuti ke Panwaslu Provinsi untuk diproses.

"Kami memiliki waktu lima hari untuk mendalami kasus ini, apakah termasuk indikasi pelanggaran pidana pemilu atau bukan. Kami akan memeriksa kades dan caleg yang stikernya ada di kantong beras itu," jelas Siti.

Jika terbukti melakukan pelanggaran pidana pemilu, money politics caleg yang bersangkutan jika terpilih maka terancam didiskualifikasi dan juga akan dikenakan denda.

Raskin adalah bantuan pemerintah untuk rakya miskin. Namun menjelang pemilu, bantuan itu rawan disalah gunakan oleh oknum caleg nakal untuk mendapatkan suara dari masyarakat.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5534 seconds (0.1#10.140)