Cara cegah kecurangan pemilu

Minggu, 06 April 2014 - 17:46 WIB
Cara cegah kecurangan pemilu
Cara cegah kecurangan pemilu
A A A
Sindonews.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) salah satu pihak memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya kecurangan pemilu.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jerry Sumampouw mengatakan, selain Bawaslu, kecurangan pemilu juga bisa dicegah dengan keaktifan semua pihak terkait dalam mengawal secara sungguh-sungguh seluruh tahapan rekapitulasi suara.

"Mulai dari tempat pemungutan suara (TPS) sampai tingkat yang paling atas dengan seluruh varian kemungkinan terjadinya perubahan suara tersebut," ujar Jerry dalam keterangan persnya di Wisma PGI, Teuku Umar, Jakarta, Minggu (6/4/2014).

Sementara itu, pencegahan kecurangan ketika masuk sengketa hasil pemilu juga dibutuhkan peran aktif beberapa pihak terkait seperti Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Selain dua lembaga itu, lanjut dia, peran media dan Mahkamah Konstitusi (MK) juga penting untuk mencegah kecurangan tersebut pada tingkat sengketa hasil pemilu. "Libatkan masyarakat dalam pengawasan," tukasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3625 seconds (0.1#10.140)