Golkar imbau rakyat tidak golput

Minggu, 06 April 2014 - 17:35 WIB
Golkar imbau rakyat tidak golput
Golkar imbau rakyat tidak golput
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono‎ mengatakan, Partai Golkar berupaya agar masyarakat untuk tidak golput. Persoalan ini sangat penting, supaya masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Karena partisipasi jumlah pemilih untuk golput semakin menaik. Walaupun trennya menurun, tetapi jumlah golput kita masih tinggi dibanding negara di Amerika dan Eropa," ucap Agung saat ditemui KORAN SINDO di Kemenko Kesra, Minggu (6/4/2014).

Diharapkan tahun ini jumlah masyarakat yang golput jumlah tidak naik. Hal ini akan memengaruhi proses demokrasi tahun ini. Menurut agung, ‎sejak Pemilu 2004, partisipasi masyarakat dalam pemilu menurun dari 69 persen sampai 70 persen.

"Golkar mempunyai kewajiban untuk dapat merangsang masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya. Yang terpenting ialah, jangan menjadikan pemilu sebagai momentum yang menjengkelkan, menakutkan dan was-was bagi masyarakat. Suasana tersebut tetap akan membuat banyak masyarakat untuk malas," kata Agung.

Faktor lainnya yang membuat masyarakat malas untuk datang mencoblos adalah, calon yang tersedia. Biasanya masyarakat melihat para caleg tersebut tidak inspiratif dan kurang peduli dan tidak berpihak kepada rakyat kecil.

"Masyarakat akan malas dengan caleg yang tidak mempunyai konsep yang jelas dan tidak mengerti banyak persoalan. Itu akan membuat mereka malas," tuturnya.

Agung menjelaskan, sebagian besar masyarakat sudah memiliki pilihan baik mereka yang ingin mencoblos dan mereka yang sudah niat untuk mencoblos. "Penilaian subjektif kepada masing-masing caleg menjadi pilihan yang terbaik. Yang pasti ialah caleg yang dikenal trackrecod-nya tidak bermasalah dengan hukum akan lebih mudah diterima," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)