Jokowi enggak ngefek di Jatim

Kamis, 03 April 2014 - 18:31 WIB
Jokowi enggak ngefek di Jatim
Jokowi enggak ngefek di Jatim
A A A
Sindonews.com - Masyarakat Jawa Timur (Jatim) saat ini dinilai tidak terpengaruh dengan kehadiran Joko Widodo (Jokowi) dalam bursa pencapresan 2014. Kehadiran Gubernur DKI Jakarta itu tidak berdampak signifikan terhadap sikap pemilih.

Pengamat Politik Universitas Airlangga Surabaya Kris Nugroho mengatakan, kehadiran Jokowi di Jatim belum berpengaruh. Masyarakat Jatim bahkan cenderung cuek dan belum menentukan pilihannya.

Kata Kris, pemilih Jatim sangat rasional dan berbeda dengan masyarakat di luar Jatim. "Kapanpun bisa berubah. Bahkan sampai sekarang rata-rata warga Jatim belum bisa memutusakan siapa yang bakal dipilih. Keputusan itu bisa dilakukan saat coblosan nanti," kata Kris di Surabaya, Kamis (3/4/2014).

Karena itu, Jokowi efek belum bisa banyak dirasakan di masyarakat Jatim. PDIP yang mengusung Jokowi sebagai capres masih harus kerja keras untuk bisa mengubah pilihan masyarakat Jatim agar mau ke Jokowi.

Ditegaskan, dari hasil pengamatannya di sejumlah daerah, banyak poster soal Jokowi, namun lebih banyak dikedepankan ajakan agara memilih PDIP.

"Artinya, PDIP sekarang kerja keras agar pemilih lebih memilih PDIP daripada Jokowi," ujarnya.

Lanjutnya, parpol manapun masih sangat berpeluang besar untuk bisa meraih suara sebanyak-banyaknya di Jatim. Peluang tetap sama apakah itu PDIP, Demokrat, PKB, Golkar dan Gerindra.

"Termasuk Partai Hanura yang struktur DPP-nya kian getol turun ke Jawa Timur," tukasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6035 seconds (0.1#10.140)