KPU targetkan partisipasi pemilih di luar negeri meningkat

Senin, 31 Maret 2014 - 08:35 WIB
KPU targetkan partisipasi pemilih di luar negeri meningkat
KPU targetkan partisipasi pemilih di luar negeri meningkat
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar pada 9 April mendatang. Namun perhelatan itu sudah dilaksanakan lebih dahulu di luar negeri yakni dimulai sejak 30 Maret 2014 hingga 6 April mendatang,

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar N Gumay mengaku salah satu tujuan pemilu luar negeri digelar lebih awal agar partisipasi pemilih lebih baik dibanding pemilu sebelumnya.

Apalagi, kata Hadar, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menggelar pemungutan suara pada hari libur. ""Sekarang PPLN menggelar pemilu bertepatan dengan hari libur di negara bersangkutan. Itu yang kami harapkan akan membuat partisipasi pemilih membaik," ujar Hadar, Minggu (30/3/2014).

Pada Pemilu Legislatif 2009, tingkat partisipasi pemilih hanya 22,3%. Data dari Migrant Care menyebutkan, dari 1.475.847 WNI yang masuk DPT pada 2009, yang datang menggunakan hak suaranya hanya 324.686. Salah satu penyebab rendahnya partisipasi saat itu karena pemungutan suara hanya digelar sehari, yakni bersamaan dengan pemilu legislatif di dalam negeri.

Kendati ada delapan hari yang bisa dipilih untuk menggelar pemilu, namun PPLN umumnya memilih menggelar pencoblosan pada dua hari terakhir, yakni Sabtu dan Minggu (5 dan 6 April). Alasannya, sebagian besar negara meliburkan pekerjanya pada hari itu. Namun khusus di negara Timur Tengah,
pemilu akan digelar pada Jumat 4 April mendatang karena hari libur jatuh pada hari itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0177 seconds (0.1#10.140)