alexametrics

Kampanye selesai, Kota Makassar dipenuhi sampah

loading...
Kampanye selesai, Kota Makassar dipenuhi sampah
Kampanye selesai, Kota Makassar dipenuhi sampah
A+ A-
Sindonews.com - Kampanye partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, menyisakan tumpukan sampah di Kota Makassar. Seperti nampak di jalan Pettarani, Urip Sumihardjo, Perintis Kemerdekaan, Alauddin, Sam Ratulangi, Veteran Utara dan Selatan, serta Cendrawasih.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar Kusayyeng mengatakan, massa parpol tidak ada yang mau bertanggungjawab terhadap sampah yang mereka buang saat berkampanye. Sebaliknya, tanggungjawab itu akan dibebankan di atas pundaknya sebagai petugas kebersihan.

“Kita berharap massa parpol membersihkan sendiri sampah-sampah mereka setelah melakukan kampanye. Seperti botol minuman, sampah plastik, dan atribut partai, jangan dibiarkan berserakan di lapangan,” katanya, kepada wartawan, Senin (17/3/2014).

Ditambahkan, sejak masa kampanye dimulai, terjadi peningkatan volume sampah yang signifikan di ruang publik. Untuk itu, pihaknya akan menambah armada pengangkut sampah.

“Selain ada armada khusus di kelurahan masing-masing, kita pasti membuck-up mereka, kita akan tambah armada kalau pihak kelurahan kewalahan mengatasi sampah di wilayahnya,” tutur Kusayyeng.

Berdasarkan pangematan wartawan, parpol yang memanfaatkan ruang publik untuk kampanye tidak mengindahkan nilai estetika. Mereka suka berbuat seenaknya sendiri dengan memasang atribut partai. Akibatnya, sampah menumpuk dimana-mana.

Potongan terpal bekas baliho, serta kayu-kayu peyangganya pun terlihat dipelosok kota dan dibiarkan bertengger hingga kampanye selesai. Berdasarkan sumber yang diperoleh dari internal Pemerintah Kota Makassar, volume sampah kini meningkat menjadi 900 ton perhari.
(san)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top