Pemilih pemula dinilai masih galau

Rabu, 26 Februari 2014 - 14:30 WIB
Pemilih pemula dinilai masih galau
Pemilih pemula dinilai masih galau
A A A
Sindonews.com - Potensi pemilih pemuda dan pemula dalam pemilihan umum (pemilu) mendatang tengah menjadi perbincangan. Pemilih pemula ini dinilai sangat berpotensi bagi partai politik (parpol) untuk mendulang dukungan.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens menilai, pemilih pemuda sebenarnya masih mencari pilihan tepat dalam memberikan dukungan politik terhadap partai.

"Ini pemilih yang masih galau, masih mencari-cari, bisa sangat potensial, bisa sangat bahaya," kata Boni saat diskusi di Kantor Sindo, Jalan Wahid Hasyim, Nomor 38, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2014).

Menurutnya, jika parpol melakukan pendekatan dengan strategi tepat dan mampu meyakinkan sesuai dengan idealismenya. Maka pemilih pemuda akan mudah dipercaya, tapi jika dikecewakan, maka pemilih ini gampang meninggalkannya.

Dia mencontohkan, pada Pemilu 2009 Partai Demokrat mendapat dukungan dari pemilih pemuda cukup maksimal, tapi belum tentu pada Pemilu 2014 ini. Dalam melakukan pendekatan terhadap pemilih pemuda, parpol harus pintar mencari celah.

Hal ini dilakukan, supaya parpol mendapat tempat di kalangan pemilih pemula. Jika terus dirawat, maka akan menjadi pemilih yang permanen. "Partai harus mempunyai pendekatan menarik, harus disadarkan secara rasional, pemilih ini gampang diyakinkan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)