Pemerintah kembangkan perpustakaan digital

Selasa, 25 Februari 2014 - 16:44 WIB
Pemerintah kembangkan perpustakaan digital
Pemerintah kembangkan perpustakaan digital
A A A
Sindonews.com — Pengelola perpustakaan harus mampu memanfaatkan serbuan teknologi informasi (TI) untuk menarik masyarakat untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan.

Salah satu strategi yang mengedepankan TI ini adalah dengan menyiapkan fasilitas online bagi pengunjung. Fasilitas ini mengarah kepada tren digital library atau perpustakaan digital. “Cara ini akan memudahkan pengunjung mencari buku yang diinginkannya,” ujar Kepala Humas Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Agus Sutoyo saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/2/014).

Direktur Program PerpuSeru Erlyn Sulistyaningsih mengatakan, sejauh ini telah memberdayakan 34 perpustakaan umum pemerintah di 16 provinsi di Indonesia melalui penyediaan akses Komputer dan Internet.

Menurut Erlyn, teknologi juga memberikan masyarakat akses yang lebih luas terhadap informasi, serta mendorong iklim bisnis yang kompetitif.

Melalui program yang diinisiasikan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation ini, lebih dari 5,000 pengguna perpustakaan di seluruh Indonesia telah mendapat pelatihan komputer dan internet, dan lebih dari 3,5 juta orang telah mendapat kesempatan untuk mencari pekerjaan atau informasi untuk mengembangkan bisnisnya lewat internet.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5892 seconds (0.1#10.140)