Capres partai Islam, elektabilitas JK teratas

Minggu, 23 Februari 2014 - 15:00 WIB
Capres partai Islam, elektabilitas JK teratas
Capres partai Islam, elektabilitas JK teratas
A A A
Sindonews.com - Sejumlah tokoh politik muncul sebagai capres dari partai berbasis Islam. Tetapi, mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) yang memiliki elektabilitas paling tinggi.

"Tingkat elektabilitas calon presiden tertinggi adalah Jusuf Kalla 17,6 persen," kata Direktur Political Communication (Polcomm) Institute Heri Budianto di Hotel, WHITZ, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2014).

Di bawah Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu, menyusul Ketua Umum PAN Hatta Rajasa 10,8 persen, Ketua Dewan Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra 9,3 persen, Mahfud MD 7,3 persen dan Hidayat Nur Wahid 4,2 persen.

"Potensi pemilih JK didominasi oleh responden dari Indonesia Timur. Publik menilai positif kinerja JK dibidang sosial dan pelayanan masyarakat," kata dia.

Dalam survei itu, Hatta Rajasa dinilai berpengalaman dibidang pemerintahan, sementara Yusril dianggap mengerti tata pemerintahan dan mampu membawa perubahan sistem ketatanegaraan.

"Mahfud MD dinilai sebagai tokoh berani dan termasuk pimpinan MK yang bersih, Hidayat dinilai sosok yang mampu membawa kemajuan bagi PKS," tukasnya.

Survei dilakukan pada 15 Januari-15 Februari 2014 dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung di 29 Provinsi, tidak mencakup wilayah Papua, Papua Barat, NTT, Bali dan Sulut.

Jumlah responden sebanyak 1.200 orang dari populasi seluruh warga negara Indonesia yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan metode multistage random sampling dan margin of error ± 3,1 persen, tingkat kepercayaan 96,9 persen.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)