Ngringo, desa caleg di kaki Gunung Lawu

Kamis, 13 Februari 2014 - 17:39 WIB
Ngringo, desa caleg di kaki Gunung Lawu
Ngringo, desa caleg di kaki Gunung Lawu
A A A
Sindonews.com - Ada yang menarik dari Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

Jika biasanya dalam satu desa terdapat satu atau dua calon legislatif tapi di desa ini ada 13 orang caleg DPRD Karanganyar. Memang tidak biasa, tapi itulah yang terjadi di desa yang terletak di kaki Gunung Lawu ini.

Ngringo memang terkenal sebagai desa berpenduduk padat. Dari data diketahui terdapat 21 penduduk.

Kepala Dusun Palur Desa Ngringo Subagyo mengatakan, dari 13 orang semuanya maju sebagai caleg di DPRD Karangannya. Mereka berasal dari delapan partai politik, Partai Nasdem Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), PDIP, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, PKB, PKS.

Mereka semuanya wajah baru dan pertama kalinya masuk dan terjun ke dunia politik.
"Dari 27 RW yang ada di Ngringo, caleg terbanyak ada di wilayah RW 3 Palur," ungkapnya, Kamis (13/2/2014).

Menurut Subagyo, meski banyak warga yang mencalonkan diri sebagai caleg, tapi di desanya tetap kondusif. Para caleg dengan tertib antri bergiliran menunggu waktu untuk bersosialisasi di acara-acara warga Desa Ngringo.

"Kadang juga bersamaan waktu sosialisasinya dan tidak ada masalah. Saat itu pas ada acara pertemuan PKK," ungkapnya.

Subagyo juga menegaskan semua terserah warga yang akan memilih siapa saja sesuai keinginan hatinya, tidak ada intervensi atau paksaan untuk memilih caleg tertentu.

"Kalau untuk pilihan ya tetap hak masing-masing warga, yang jelas semuanya saling menghormati perbedaan, karena berbeda itu wajar," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0304 seconds (0.1#10.140)