Laznas BSM bantu korban bencana banjir

Minggu, 09 Februari 2014 - 00:08 WIB
Laznas BSM bantu korban bencana banjir
Laznas BSM bantu korban bencana banjir
A A A
Sindonews.com - Tingginya curah hujan di berbagai daerah di Indonesia, membuat sebagian wilayah di negara ini terendam banjir. Tidak terkecuali DKI Jakarta, sebagai pusat pemerintahan.

Tercatat, selain banjir di DKI Jakarta, beberapa daerah lainnya juga terendam banjir, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan di Sulawesi.

Untuk itu, Lembaga Zakat Nasional Bank Syariah Mandiri (Laznas BSM) mengadakan Pos Kesehatan (Poskes), untuk memberikan bantuan bagi korban bencana, utamanya penanganan setelah terjadi bencana.

Hal itu dikatakan Koordinator Poskes Laznas BSM, Tjaturadi. Menurutnya, menghadapi musibah banjir nasional saat ini, Poskes Laznas BSM disiapkan untuk memberikan pelayanan dan pengobatan gratis bagi para warga dan pengungsi.

"Salah satu yang harus diantisipasi dalam menangani bencana adalah pada masa setelahnya. Warga dan pengungsi telah berhari-berhari di tempat penampungan, kini mereka kembali ke rumah dalam kondisi lelah fisik dan mental serta masih harus membersihkan rumahnya," kata Tjaturadi lewat rilisnya kepada Sindonews, Sabtu 8 Februari 2014.

Dia menjelaskan, ancaman yang dihadapi para pengungsi adalah datangnya berbagai penyakit. Berhari-hari mengungsi, warga menjadi rentan sakit. Pasalnya, konsumsi makanan dan minuman kadang tak terjaga kualitasnya, cuaca dingin malam hari, dan sanitasi dengan kondisi yang terbatas seadanya.

"Karena itu kami mengadakan Poskes yang bergerak dari satu lokasi yang terkena banjir ke satu daerah lainnya, untuk memberikan pelayanan agar para warga terjaga kesehatannya," imbuhnya.

Kegiatan ini, Laznas BSM menyalurkan bantuan dari para donatur, berupa bahan makan. Bantuan tersebut disalurkan ke beberapa daerah, seperti di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Manado, Pekalongan, Pati, Kudus, dan Pamanukan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1192 seconds (0.1#10.140)