Tujuh pakar disiapkan uji capres konvensi

Rabu, 05 Februari 2014 - 02:15 WIB
Tujuh pakar disiapkan...
Tujuh pakar disiapkan uji capres konvensi
A A A
Sindonews.com - Konvensi calon presiden calon (capres) Partai Demokrat di Makassar dirancang menjadi panggung kaum intelektual. Panitia menyiapkan tujuh pakar dari masing-masing bidang untuk tampil sebagai panelis dalam kegiatan yang digelar 7-8 Maret.

Pakar tersebut akan menguji 11 capres peserta konvensi antara lain, Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Marzuki Alie, Gita Mirjawan, Dahlan Iskan, Pramono Edhie Wibowo, Endriartono Sutarto, Haryono Isman, Irman Gusman, Dinno Patti Djalal, dan Sinyo Harry Sarundajang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Syamsu Rizal mengemukakan, undangan konvensi dibatasi antara 1.500 hingga 2.000 orang. Konvensi mengundang seluruh tokoh-tokoh di Sulawesi Selatan untuk memberikan masukan terkait pembangunan daerah.

"Kami siapkan tujuh panelis. Mereka adalah ilmuan dari masing-masing bidang yang dianggap paling prioritas. Saat ini, panitia masih merancang bidang-bidangnya serta panelis yang akan mengisi," ujar Rizal di Makassar, kemarin.

Menurut dia, panelis akan diisi dengan pakar dari perguruan tinggi. Selain panelis, panitia konvensi juga mengundang, akademisi, aktivis, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda khususnya di Sulsel dan dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Rizal yang juga Wakil Wali Kota Makassar terpilih 2014-2019 menyebut, panitia konvensi juga mengundang seluruh kepala daerah di Sulsel. "Termasuk Pak Gubernur kami undang. Kami harapkan kepala daerah hadir memberikan masukan kepada peserta konvensi," katanya.

Sejauh ini panitia belum menetapkan lokasi konvensi. Namun sudah ada tiga titik yang kemungkinan digunakan antara lain Celebes Convention Centre (CCC), Hotel Clarion dan Hotel Sahid. Sebaliknya, penginapan peserta konvensi diserahkan kepada masing-masing tim sukses capres. Ada kemungkinan setiap peserta konvensi menginap di hotel yang berbeda.

Sedangkan, total anggaran yang disiapkan belum diketahui. "Kami hanya menyiapkan tekhnisnya seperti lokasi, tranportasi, dan lainnya. Anggaran ditanggung panitia konvensi dari DPP," tutur Rizal.

Makassar menjadi tuan rumah ke-6 konvensi Demokrat. Sekjen DPP Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan Ketua Harian DPP Demokrat Syarief Hasan dipastikan hadir. Sedangkan Ketua Dewan Pembina DPP Demokrat yang juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih menunggu konfirmasi.

Sementara, Pakar Politik dari Universitas Hasanuddin Adi Suryadi Culla menilai konvensi Demokrat belum terkelola dengan baik. Hal itu mengakibatkan, konvensi yang telah digelar di lima daerah gagal meningkatkan elektabilitas peserta konvensi maupu Partai Demokrat sendiri. Makassar yang menjadi tuan rumah kali ini, harus tampil berbeda dengan daerah lain.

"Saya melihat belum terkelola dengan baik sehingga konvensi yang telah dilaksanakan tidak terlalu didengar gaungnnya. Jika dikelola dengan baik, akan meningkatkan elektabilitas. Panitia konvensi di Makassar harus menampilkan konsep yang berbeda agar gaungnya ada," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)