HUT ke-64, JK berharap UI makin kompak

Senin, 03 Februari 2014 - 14:49 WIB
HUT ke-64, JK berharap...
HUT ke-64, JK berharap UI makin kompak
A A A
Sindonews.com - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang juga Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) hadir dan mengucapkan selamat ulang tahun dalam upacara Dies Natalis UI ke-64 di Balai Sidang UI. JK meminta agar perayaan ini sebagai momentum seluruh civitas akademisi UI menjalin kekompakan kembali.

"Pertama tentu selamat bagi UI, yang kedua tadi betul-betul kita mengharapkan dua hal, pertama ada kekompakan di UI, selama ini kan yang terjadi di UI instabilitas," tegasnya kepada wartawan di Depok, Senin (3/2/2014).

Kedua, lanjut JK, dalam visi-misi UI untuk menjadi World Class University, tentunya dalam bidang keilmuan dan penelitian harus lebih ditingkatkan. JK mengklaim ikut berperan serta dalam merombak anggaran penelitian di UI agar naik menjadi 15 persen tahun ini.

"Untuk menjadi kampus terkemuka di dunia, dalam bidang keilmuan dan penelitian yang baik. Sebagai anggota MWA, saya ikut merombak anggaran UI agar lebih pada penelitian, harus tingkatkan anggaran penelitian harus 20 persen idealnya. Tahun kemarin kan dianggarkan 8 persen, tahun ini muncul 15 persen. Bagaimana bisa menjadi universitas ternama kalau penelitian saja anggarannya kecil sekali," tukasnya.

JK juga meminta agar dekan-dekan terpilih dapat bersatu padu menciptakan tata kelola yang baik. Apalagi UI tahun ini dipastikan akan memilih rektor definitif seiring statuta sudah diterbitkan oleh pemerintah.

"Supaya ada kekompakan. Harus ditingkatkan. Pemilihan rektor itu pemilihan biasa, jangan sampai timbulkan efek negatif. Pilih rektor kan pilih pemimpin, seperti pilih CEO, urusan internal," jelasnya.

Dengan status UI kini menjadi PTN-BH, JK menilai hal itu lebih baik. "Justru kan memberikan kesempatan pimpinan UI, buat kebijakan yang sesuai dengan kondisi yang ada," tutupnya.

Baca berita:
Universitas Indonesia peringati HUT ke-64
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0757 seconds (0.1#10.140)