Rieke desak majikan Sihatul jalani proses hukum

Jum'at, 24 Januari 2014 - 12:45 WIB
Rieke desak majikan...
Rieke desak majikan Sihatul jalani proses hukum
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi IX, Rieke Diah Pitaloka mendesak agar Huang Deng Jin, majikan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Plampangrejo, Banyuwangi, Sihatul Alfiah (27 tahun) yang disiksa di Taiwan untuk menjalani proses hukum.

Rieke mengaku, telah menghubungi keluarga Sihatul dan meminta agar pelaku dapat diproses hukum sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya.

"Saya sudah berkomunikasi dengan pihak keluarga, Suhandik (suami Sihatul), keluarga meminta majikan tetap di proses hukum," katanya melalui siaran persnya, Jumat (24/1/2014).

Menurut Rieke, sampai saat ini Huang Deng Jin, majikan yang melakukan penyiksaan terhadap Sihatul Alfiah (27 tahun) hanya menanggung biaya pengobatan.

"Majikan Sihatul hanya dikenai biaya pengobatan selama di rumah sakit," tandasnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menyampaikan harapan keluarga Sihatul yang ingin terbang ke Taiwan, untuk menemui korban secara langsung.

"Sihatul harus mendapatkan perawatan, dan keluarga di Indonesia bisa pergi ke Taiwan untuk dampingi Sihatul selama perawatan. Semua biaya harus ditanggung pihak majikan dan agen," ujarnya.

Lebih lanjut Rieke, keluarga Sihatul juga meminta agar yang bersangkutan bisa dipulangkan ke Indonesia setelah kondisinya pulih, dan semua hak normatifnya sebagai pekerja dipenuhi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sihatul disiksa oleh majikannya bernama Huang Deng Jin. Di mana pada tanggal 21 September 2013 korban dipukul dengan benda tumpul oleh majikannya hingga tak sadarkan diri. Sihatul pun lantas dilarikan ke UGD RS Chi Mei Medical Centre di Liouying.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan diagnosa korban mengalami luka di bagian belakang kepala akibat pukulan benda tumpul. Ia pun koma selama satu bulan di rumah sakit.

Nahasnya lagi, setelah bekerja selama tiga belas bulan Sihatul baru menerima gaji tiga kali yang dikirim oleh pihak agen ke keluarga, sejumlah Rp6,9 juta.

Baca berita :
Lagi, TKI disiksa majikannya di Taiwan
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9874 seconds (0.1#10.140)