DPR desak status bencana nasional di sejumlah wilayah

Selasa, 21 Januari 2014 - 11:04 WIB
DPR desak status bencana...
DPR desak status bencana nasional di sejumlah wilayah
A A A
Sindonews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama pemerintah, diminta memberikan status bencana nasional untuk sejumlah lokasi di tanah air.

Pernyataan ini disampaikan oleh anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP), Hasrul Azwar.

"Sudah saatnya (status bencana nasional), terutama (erupsi) Gunung Sinabung itu, sudah empat bulan loh," kata Hasrul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Ia mengaku heran sampai saat ini, pemerintah belum menetapkan status bencana nasional di sejumlah lokasi yang menjadi bencana. "Saya tidak tahu kenapa belum ditetapkan juga. Hari ini kita mendesak, harus segera ditetapkan, tunggu apa lagi," tegasnya.

"(Bencana di) Manado, Jakarta, sudah banyak korban. Subang, Jawa Barat, Pantura, dampak dari banjir itu, lalu dampak dari Sinabung, berapa kerugian petani," sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan ditetapkannya status bencana nasional, maka pemerintah mengambil peran langsung dalam mengatasi bencana tersebut. "Artinya pemerintah all out, tidak hanya dana BNPB saja tetapi dana cadangan keluar juga," tuntasnya.

SBY pimpin ratas bahas banjir & Sinabung
Korban banjir kembali berjatuhan
Polemik SBY ke Bali saat warganya jadi korban Banjir
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)