Profil kandidat Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti

Selasa, 14 Januari 2014 - 18:21 WIB
Profil kandidat Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti
Profil kandidat Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti
A A A
Sindonews.com - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Drs Badrodin Haiti digadang-gadang menggantikan posisi Wakapolri yang akan ditinggal Komjen Oegroseno karena memasuki masa pensiun pada bulan Maret.

Berikut profil Badrodin Haiti.

Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Drs Badrodin Haiti lahir pada tanggal 24 Juli 1958 di Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur. Badrodin memulai karirnya di dunia Kepolisian pada tahun 1982, sebagai alumnus terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1982 dan peraih penghargaan Adhi Makayasa. Karirnya berawal di Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya sebagai Danton Sabhara Dit Samapta Polda Metro Jaya pada tahun 1982 dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda).

Setahun kemudian yakni pada tahun 1983, Badrodin ditugaskan untuk menjadi Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro Jaya. Pada tahun yang sama, Badrodin dipindahkan tugaskan lagi dan menjabat sebagai Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok Polda Metro Jaya.

Pada tahun 1984, Badrodin Haiti dilantik menjadi Inspektur Satu (Iptu) dan pada tahun yang sama dipindahtugaskan menjadi Kabin Info PPKO Polda Metro Jaya. Jabatan Iptu Badrodin Haiti ini bertahan selama tiga tahun, sampai tahun 1987.

Namun, selama tiga tahun tersebut, Badrodin tidak hanya menempati posisi sebagai Kabin Info PPKO Polda Metro Jaya, tetapi pada tahun 1995 hingga tahun 1990, menempati posisi sebagai Kabag Min Polres Aileu Polwil Timor Timur dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Pada tahun 1993, Badrodin Haiti naik pangkat dari AKP menjadi Komisaris Polisi (Kompol) dan menempati posisi sebagai Kapolsek Metro Sawah Besar Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) PMJ. Dengan pangkat yang sama selama lima tahun, dari 1993 hingga 1997, Badrodin beberapa kali menempati posisi yang berbeda-beda.

Pada tahun 1994, Badrodin menjabat sebagai Kasat Serse Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) Polda Metro Jaya. Tahun 1995, sebagai Wakapolres Metro Jakarta Timur Polda Metro Jaya. Tahun 1996 posisi yang ditempati oleh Badrodin adalah Pabungkol Spri Kapolri.

Berikutnya, pada tahun 1997, Bandrodin naik pangkat dari Kompol menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) sekaligus menjadi Pamen Mabes Polri. Sejak tahun 1997 hingga 2001, dengan pangkat AKBP, Badrodin menduduki posisi yang berbeda-beda yakni Papan Madya Dukminops Paban II/Ops Sops Polri, Kapolres Probolinggo Polwil Malang Polda Jatim dan Kapoltabes Medan.

Pada tahun 2001, dari AKBP, pangkat Badrodin naik lagi menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) dengan menjabat sebagai Kapoltabes Medan. Tahun 2003, Badrodin dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Dirreskrim Polda Jatim.

Setahun berikutnya, pada tahun 2004, Badrodin menjadi Kapolwiltabes Semarang Polda Jateng dan Kapolda Banten. Tahun 2005, Badrodin menjabat sebagai Seslem Lemdiklat Polri.

Lalu, pada tahun 2006 Badrodin naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) dan langsung menduduki jabatan sebagai Kapolda Sulawesi Tengah selama dua tahun. Berikutnya, pada tahun 2008 dan 2009, Badrodin menduduki jabatan sebagai Direktur I Bareskrim Polri.

Pada tahun yang sama, tahun 2009, Badrodin dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Kapolda Sumatera Utara dengan pangkat baru yakni Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Pangkat Irjen Pol ini bertahan hingga bulan Oktober 2013, karena pada tanggal 30 Oktober 2013, Badrodin naik pangkat menjadi bintang tiga, yakni Komisaris Jenderal (Komjen) hingga saat ini.

Selama berpangkat Irjen, Badrodin menduduki jabatan sebagai Kadivkum Polri, Asops Kapolri dan pada usia ke 55 tahun ini, jabatan Badrodin Haiti adalah Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri yang sebelumnya dijabat oleh Komjen Pol Oegroseno.

Baca berita:
IPW: Badrodin & Budi pantas gantikan Oegroseno
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4620 seconds (0.1#10.140)