KPU sediakan TPS di Victoria Park Hongkong

Kamis, 02 Januari 2014 - 19:18 WIB
KPU sediakan TPS di Victoria Park Hongkong
KPU sediakan TPS di Victoria Park Hongkong
A A A
Sindonews.com - Untuk memermudah pemilih luar negeri khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyediakan bilik suara di tempat-tempat umum, seperti taman bermain.

Di Hongkong, KPU berencana mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan warga pendatang asal Indonesia seperti taman Victoria Park. Ditempat itu, adalah arena bermain masyarakat Hongkong dalam menghabiskan waktu akhir pekan.

"Di Hong Kong, Vicotoria Park akan jadi tempat pemungutan suara. Nantinya TKI di Hong Kong akan memilih di sana," ujar Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Dijelaskan Ferry, pemilu di luar negeri telah dibedakan waktunya dengan pemilih di dalam negeri yang bakal berlangsung pada 9 April 2014. KPU mengatur waktu pencoblosan bagi warga Indonesia dan TKI di luar negeri pada saat libur. Cara tersebut untuk memudahkan para TKI mendapat izin dari majikannya.

Dilanjutkan Ferry, khusus negara dengan tujuan TKI terbesar, KPU meminta Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) mengoptimalkan sistem drop box (kotak pindah) untuk TKI dan warga pendatang asal Indonesia.

Efektifitas dan manfaat drop box, kata Ferry, bisa memermudah kepada TKI dan warga Indonesia di luar negeri memilih. Sebab, seperti dinegara Malaysia, banyak TKI di sana bekerja sebagai buruh maupun pekerja di ladang Sawit, maka kotak suara itu tinggal diarahkan ke tempat-tempat mereka bekerja.

"Sebagian besar nanti di Aljazair, dan Malaysia kita menggunakan sistem drop box, karen itu yang akan memudahkan mereka memilih. Jangan lupa, Malaysia menyumbang satu dari dua juta pemilih di luar negeri," kata Ferry.

KPU klaim pemilih pemula sebanyak 18 juta
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7313 seconds (0.1#10.140)