Rakyat rindu pemimpin yang beri teladan

Kamis, 26 Desember 2013 - 06:02 WIB
Rakyat rindu pemimpin...
Rakyat rindu pemimpin yang beri teladan
A A A
Sindonews.com - Rektor Univesitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid mengatakan, pendidikan karakter justru berperan penting sebagai landasan moral dan integritas untuk menyiapkan pemimpin bangsa di masa depan.

“Masyarakat kita tentunya merindukan sosok pemimpin yang mampu memberikan teladan. Namun yang terjadi justru masyarakat disuguhi tontonan pemimpin yang terlilit berbagai kasus, seperti korupsi,” kata Edy di Yogyakarta, Rabu 25 Desember 2013.

Edy menambahkan, kondisi Indonesia kini berbalik 180 derajat dengan negara-negara maju di mana pendidikan karakter benar-benar mendapat perhatian serius. Pendidikan karakter di negara maju diinternalisasikan kepada anak sejak dini.

Hal itu tercermin dari pendidikan budi pekerti dan kedisiplinan yang dipraktikkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari warga negaranya. "Para pemimpin di sana pun turut memberi contoh dalam mengaplikasikan karakter tersebut," ucapnya.

"Saya menganggap Indonesia perlu mengambil langkah serius dalam memperbaiki pendidikan karakter bangsa. Kita mendambakan penegakan hukum yang tegas, adanya sanksi sosial dan keteladanan pemimpin," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0706 seconds (0.1#10.140)