Gunakan Silog, KPU permudah distribusi logistik

Senin, 23 Desember 2013 - 14:36 WIB
Gunakan Silog, KPU permudah distribusi logistik
Gunakan Silog, KPU permudah distribusi logistik
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengenalkan Sistem Logistik Pemilu (Silog), pada Selasa 24 Desember 2013.

Kegiatan tersebut sekaligus mengenalkan kepada publik, termasuk peserta tender (produsen) akan kebutuhan pengawasan tahapan logistik pemilu tahun depan.

Menurut Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Silog yang bakal diterapkan diklaim, memudahkan KPU untuk melakukan tahapan dan pengawasan kebutuhan logistik pemilu.

"Dalam konteks pertama mekanisme logistik mulai dari perusahaan sampai dengan prangkonya, di mana di kabupaten atau kota," ujar Ferry, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2013).

Berikutnya, lanjut Ferry, lewat Silog, KPU khususnya Biro Logistik tinggal mengawasi dan mengontrol penyebaran distribusi logistik sampai ketempat sasaran, yakni lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di kabupaten atau kota.

"Kita sudah siapkan layar, bagaimana pergerakan surat suara dan sebagainya. Itu tentu jadi catatan kita," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut tambahnya, peserta tender dan juga internal biro logistik KPU akan mendapatkan pemaparan bagaimana sistem distribusi itu sampai di lokasi TPS.

Sebab, lewat surat dokumen seperti perangko, perusahaan (konsorsium) sudah mendapatkan jatah masing-masing tujuan pengiriman. "Jadi itu nanti di-mapping sampai sejelas-jelasnya," tegas mantan Ketua KPU Bandung ini.

Adapun dalam teknisnya, sistem pengawasan distribusi logistik pemilu lewat Silog ini sebagian besar bakal mengoptimalkan sistem komputerisasi langsung. Dikatakan Kabiro Logistik KPU, Boradi, Pengawasan masing-masing daerah akan terpantau oleh jaringan sistem dalam satu ruangan milik KPU.

Baca juga KPU gelar workshop.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)