Ilmu psikologi berperan membangun pendidikan karakter bangsa

Jum'at, 20 Desember 2013 - 15:05 WIB
Ilmu psikologi berperan membangun pendidikan karakter bangsa
Ilmu psikologi berperan membangun pendidikan karakter bangsa
A A A
Sindonews.com - Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) terpilih, Tjut Rifameutia Umar Ali, berharap dapat memajukan negeri dalam hal membangun karakter bangsa.

"Harapannya Fakultas Psikologi ini bisa lebih berperan, bukan hanya di dalam UI, tetapi bisa berkiprah di masyarakat. Banyak masalah di masyarakat yang tak terlepas dari aspek psikologis," katanya di Gedung Rektorat UI, Jumat (20/12/2013).

Caranya, kata Tia, dengan mengembangkan pikiran dan tenaga bagi masyarakat Indonesia. Fakultas Psikologi UI juga ingin terlibat bukan hanya sebagai pemikir tetapi juga pegiat.

"Misalnya sumbang saran dan enggak usah menunggu ditanya. Pemerintah juga banyak yang memerlukan tenaga psikolog, sumbangan ide. Kita ingin lebih banyak berkiprah misalnya mengenai psikologi anak, perkembangan mental, pembangunan karakter bangsa dari sisi psikolog," jelasnya.

Sementara untuk program 100 hari secara internal fakultas, lanjutnya, yakni konsolidasi internal dengan merapikan di dalam, supaya pengembangan SDM bisa mudah direncanakan. Begitu pula dengan struktur organisasi yang perlu dilakukan pembenahan.

"Lalu nilai-nilai akademik visi misi dimantabkan. Selama ini lulusan psikologi bagus, masa tunggu kerja mereka hanya sebentar, bahkan ada program magang yang belum lulus saja sudah diminta bekerja," jelas wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Psikologi UI ini.

Perempuan ayu ini lahir di Jakarta, 13 Januari 1960 ini, yang juga istri dari Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay, memiliki latar belakang pendidikan pendidikan S1 dan S3 di Fakultas Psikologi UI, sementara untuk jenjang S2 ia mengenyam pendidikan di Amerika Serikat dengan jurusan Psikologi Pendidikan Orang Dewasa dan Masyarakat.

Mahasiswi UI yang dihamili Sitok depresi
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7139 seconds (0.1#10.140)