Aplikasi hanacaraka dilengkapi dengan suara

Jum'at, 20 Desember 2013 - 04:31 WIB
Aplikasi hanacaraka dilengkapi dengan suara
Aplikasi hanacaraka dilengkapi dengan suara
A A A
Sindonews.com - Kepala Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (BTKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharja mengatakan, pembuatan aplikasi Hanacaraka yang menggunakan dana keistimewaan DIY ini bisa diperoleh melalui alat komunikasi berbasis android dengan cara men-download.

Diharapkan, siapapun bisa belajar mengenai aksara Jawa kapan pun dan di mana pun. "Tidak hanya memperkenalkan aksara Jawa, aplikasi ini juga mengajarkan bagaimana cara menulis dan pengucapannya," kata Singgih di Yogyakarta, Kamis 19 Desember 2013.

"Karena sudah dilengkapi dengan suara. Mulai tahun depan kami akan melakukan pengembangan lebih jauh lagi hingga perangkat komunikasi berbasis IOS sudah bisa menggunakan aplikasi ini," jelasnya.

Dipaparkan Singgih, pengembangan aplikasi Hanacaraka tahun depan akan mencakup penambahan konten dan penyempurnaan fitur. Pembelajaran aksara Jawa pun dikembangkan hingga penyusunan kalimat, tata bahasa, variasi register (undhak-undhuk basa) hingga permainan dan kuis.

"Dengan begitu kami berharap makin banyak anak-anak, utamanya SD yang lebih tertarik belajar aksara Jawa. Untuk versi satu ini, aplikasi sudah kami lengkapi dengan sejarah singkat aksara Jawa. Versi selanjutnya kami harapkan lebih sempurna lagi," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4767 seconds (0.1#10.140)