KPU bentuk time table garap perbaikan DPT

Kamis, 12 Desember 2013 - 17:01 WIB
KPU bentuk time table...
KPU bentuk time table garap perbaikan DPT
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim telah mengajak partai politik (parpol) untuk membuat jadwal bersama dalam membentuk 'time table' guna menggarap perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menjadi rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Tim table dimaksud untuk mencocokan data secara bersama antara data yang dimiliki KPU juga data yang menjadi pijakan masing-masing parpol.

"Bulan ini kita akan selesaikan proses injektif. Jadi kita terus koordinasi dengan Kemendagri," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Selanjutnya, kata Ferry, data yang disisir secara bersama-sama dengan parpol bakal dimasukkan dalam sistem komputerisasi sementara di KPU. Disaat bersamaan, rekomendasi Bawaslu tetap dilakukan KPU di daerah.

"Setelah selesai kita sudah ada plakat data yang memang fiks dari 186 (DPT)," ujarnya.

Tak sampai disitu, menurut Ferry, hasil perbaikan DPT yang terus dibersihkan oleh KPU tingkat kabupaten/kota bakal diuji tekniskan bersama parpol. Saat rapat pleno, banyak partai mengusulkan cara pencocokan data. Salah satunya Partai Hanura yang mengusulkan dibuat forum work shop.

Menanggapi itu, KPU mengupayakan kegiatan kroscek data bersama dengan parpol pada Januari 2014 mendatang. "Baru setelah itu nanti kita akan koordinasi lewat workshop atau kegiatan dengan parpol," tambahnya.

Seperti diketahui, KPU masih mempunyai PR untuk memperbaiki sebanyak 3,3 juta pemilih bermasalah. Di dalamnya terdapat 54 ribu pemilih yang belum diberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Bawaslu memberikan tenggat waktu kepada KPU sampai H-14 atau dua pekan sebelum dilakukan pencoblosan pemilu legislatif untuk melakukan perbaikan.

Baca berita:
Hanura usulkan dibuat workshop untuk putuskan DPT
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0602 seconds (0.1#10.140)