Nyapres, Gita canangkan teknokratisasi pemerintahan

Kamis, 12 Desember 2013 - 15:12 WIB
Nyapres, Gita canangkan teknokratisasi pemerintahan
Nyapres, Gita canangkan teknokratisasi pemerintahan
A A A
Sindonews.com - Kendati belum resmi diusung Partai Demokrat untuk menjadi calon presiden (capres) karena harus melawati konvensi, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengaku memiliki pandangan baru dalam menyusun pemerintahan.

Menurut Gita, untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, dibutuhkan kabinet dan pemerintahan dari orang yang berlatar belakang kaum profesional. Gita menyarankan agar siapapun kelak presidennya, kabinet mesti diisi oleh kaum teknokrat, yang tak melulu berhitung kepentingan politik dalam menjalankan tugasnya.

"Siapun yang jadi pemimpin (presiden) itu kalau bisa melakukan teknokratisasi di kabinet, di pemeritahan," kata Gita, saat diskusi bersama Redaksi MNC Group, di Gedung SINDO, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Sebab, kata dia, berjalannya suatu pemerintahan bakal berjalan efektif, seandainya kabinet pemerintahan mencurahkan konsentrasinya pada profesionalisme kerja.

Namun begitu, penilaian layak atau tidaknya usulan program kerja suatu pemerintahan tetap masyarakatlah yang menilai. Baginya, penerimaan dirinya sebagai bakal capres tergantung masyarakat melihatnya seperti apa.

Gita berpendapat, jika kelak dirinya berhasil keluar sebagai pemenang di pemilihan presiden, kabinet yang bakal diterapkannya adalah kabinet teknokrasi. "Jadi memperbanyak kaum profesional di pemerintahan semaksimal mungkin untuk menciptakan kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Seperti diketahui, Gita Wirjawan satu diantara sebelas kandidat bakal calon presiden dari Partai Demokrat yang akan bertarung pada arena konvensi. Dari sebelas calon, bersama Dahlan Iskan, Gita merupakan peserta konvensi yang sekarang masih aktif menjabat sebagai Menteri.

Gita Wirjawan sosialisasi capres ke Surabaya
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7194 seconds (0.1#10.140)