Polri berharap semua kelompok duduk bersama dalam pemilu

Rabu, 11 Desember 2013 - 14:43 WIB
Polri berharap semua...
Polri berharap semua kelompok duduk bersama dalam pemilu
A A A
Sindonews.com - Kapolri Jenderal Pol Sutarman meyakini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) beberapa waktu lalu, banyak kelompok-kelompok yang merasa tidak puas dengan penetapan DPT tersebut.

"Pasti ada pihak-pihak yang tidak puas. Kekurangan pasti ada," kata Sutarman di Aspacpol 2013 Expo and Forum di Jakarta Internastional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2013).

Untuk itu, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut berharap agar setiap kelompok yang merasa tidak puas, untuk duduk bersama dan berdiskusi secara baik. Agar masyarakat tidak ada yang menjadi korban dalam ketidakpuasan kelompok-kelompok tertentu tersebut.

"Tapi kami berharap itu bisa didiskusikan supaya ada kesepakatan bersama. DPT disepakati, jadwal disepakati, sehingga masyarakat benar-benar bisa memilih dengan nyaman," tegas Sutarman.

Kendati demikian, Sutarman meyakini kerawanan-kerawanan dalam Pemilu 2014 pasti akan terjadi. Seperti pengerahan massa, karena ketidakpuasan peserta pemilu kepada penyelenggara pemilu.

"Kemungkinan ketidakpuasan dengan mengerahkan massa tapi kita juga menyentuh diskusi dengan masyarakat agar proses demokrasi ini berjalan dengan aman, tertib dan damai," papar Sutarman.

Menurut Sutarman, kerusuhan yang akan terjadi pada Pemilu 2014 nanti akan berdampak pada bangsa Indonesia. "Kalau terjadi keributan, kerusuhan sosial, itu dampaknya kerugian kita semua. Karena itu kita berharap masyarakat tahu ke depan memilih dengan cara yang tidak mudah dihasut siapapun," pungkas Sutarman.

Baca berita:
Kapolri siap hadapi kontigensi pemilu
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7072 seconds (0.1#10.140)