Di Kaltim, DPT bermasalah tinggal 60 ribu

Kamis, 05 Desember 2013 - 19:29 WIB
Di Kaltim, DPT bermasalah...
Di Kaltim, DPT bermasalah tinggal 60 ribu
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil mengurangi data invalid kependudukan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari 125.801 data kependukan invalid, sekarang tinggal sekira 60 ribu.

“Kami terus melakukan perbaikan data invalid tersebut. Hasilnya berkurang lebih dari separuhnya,” kata Ketua KPU Kaltim, Andi Sunandar kepada wartawan, Kamis (5/12/2013).

Ia menyebut, angka tersebut tidak sampai satu persen atau hanya 0,4 persen dari total DPT Kaltim. KPU Kaltim bersama KPU kabupaten dan kota terus melakukan koordinasi terkait data invalid tersebut. Bahkan sejumlah lapas dan rutan yang turut menyumbang angka data invalid berhasil diperbaiki.

“Masih dimungkinkan perbaikan DPT hingga H-14 jelang pemilihan nanti. Jadi kalau ada yang meninggal, salah orang dan sebagainya bisa diperbaiki. Ini sesuai dengan arahan Bawaslu,” tambahnya.

Sejauh ini, perbaikan data invalid yang dilakukan KPU Kaltim banyak dibantu oleh Bawaslu dan Panwaslu. Mereka aktif membantu perbaikan DPT sehingga data invalid berkurang signifikan.

“Kalau parpol, sudah sejak awal membantu kita terkait DPT ini. Kalau sekarang peran Bawaslu yang cukup banyak,” kata Andi.

Untuk terus mengurangi DPT bermasalah, KPU Kaltim mengimbau semua pihak untuk turut membantu. Masyarakat juga diminta untuk berperan aktif untuk melaporkan jika belum terdaftar di DPT.

“Bisa mengecek dan menanyakan langsung ke petugas di tingkat PPK dan PPS,” pungkasnya.

Baca berita:
Rekomendasi Bawaslu terkait DPT tak bisa "digoyang"
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9041 seconds (0.1#10.140)