PPI kehilangan sosok Mulyana W Kusumah

Senin, 02 Desember 2013 - 11:28 WIB
PPI kehilangan sosok Mulyana W Kusumah
PPI kehilangan sosok Mulyana W Kusumah
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua KPU Mulyana W Kusumah sedianya akan menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) di Denpasar Bali. Namun, ternyata Mulyana lebih dulu dipanggil Yang Kuasa sebelum hadir dalam diskusi itu.

Sekjen PPI Gede Pasek Suardika mengaku sangat kehilangan berpulangnya Mulyana. Menurut dia, Mulyana sosok aktivis bertipikal pendiam.

"Beliau sudah kami agendakan menjadi pembicara diskusi rutin," kata Gede Pasek, di Denpasar, Senin (2/12/2013).

"Dunia aktivis sangat kehilangan, beliau konsen dengan perjuangan HAM dan demokrasi di Indonesia," imbuh politisi Partai Demokrat yang kini mencalonkan diri menjadi Dewan Perwakilan Daerah DPD.

Kriminolog Universitas Indonesia itu juga dinilai pekerja yang tangguh dan selalu mencari jalan keluar terhadap persoalan.

Bagi PPI sosok Mulyana memiliki arti tersendiri, saat deklarasi ormas besutan Anas Urbaningrum, pria kelahiran Bogor Jawa Barat itu hadir bersama tokoh nasional lainnya.

Meski sempat tersandung kasus di KPU namun Pasek meyakini bukan kesengajaan, tapi karena faktor beban pekerjaan dan tanggung jawab yang besar.

Pasek melihat kehadiran Mulyana saat di rumah pergerakan juga karena ada gairah pergerakan yang terus menyala dalam dirinya.

"Satu hal yang yang ditanamkan beliau adalah seorang aktivis harus berani memperjuangkan apa yang diyakini benar," tutupnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3538 seconds (0.1#10.140)