Penjelasan KPK soal dokumen Ibas

Rabu, 13 November 2013 - 18:36 WIB
Penjelasan KPK soal dokumen Ibas
Penjelasan KPK soal dokumen Ibas
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menampik penyidik KPK menemukan buku tahlil bergambar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, saat melakukan penggeledahan di Rumah Anas Urbaningrum.

Namun, KPK tidak menyitanya seperti buku tahlil yang bergambar Anas Urbaningrum. KPK beralasan, karena tidak berkaitan dengan kasus yang tengah disidik oleh KPK. KPK menggeledah rumah Anas untuk mencari jejak tersangka kasus Hambalang, Mahfud Suroso (MS).

"Ada buku tahlil yang ada gambar Ibas. Tidak disita, karena tidak ada kaitannya dengan yang disidik KPK," kata Juru Bicara (Jubir) KPK Johan Budi SP di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2013).

Lebih lanjut Johan menjelaskan, KPK menyita sebuah buku tahlil yang bergambar Anas, karena penyidik KPK menganggap penting, tapi tidak dijelaskan secara rinci. "Jadi buku tahlil yang ada gambarnya Pak Anas Urbaningrum itu tahun 2009. Penyidik menilai itu penting," tukasnya.

Sebelumnya, pihak Anas menilai KPK tak masuk akal menyita uang kas milik Ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI). "Alasan hukum yang digunakan, termasuk dokumen yang digeledah dengan sejumlah uang, sama sekali tidak ada korelasinya dengan apa yang dituduhkan," ujar pengacara Anas, Firman Wijaya, di kediaman Anas, di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa 12 November 2013, malam.

Firman mempertanyakan alasan KPK melakukan penggeledahan di markas PPI dan melakukan penyitaan terhadap uang kas PPI. "Ini tanda tanya besar, kenapa hal ini dilakukan?" ketus Firman.

Berita terkait:
Dokumen Ibas di rumah Anas tak disita KPK.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7856 seconds (0.1#10.140)