Relawan se-Asia Tenggara siap terjun ke Filipina

Rabu, 13 November 2013 - 06:01 WIB
Relawan se-Asia Tenggara siap terjun ke Filipina
Relawan se-Asia Tenggara siap terjun ke Filipina
A A A
Sindonews.com - Sejumlah lembaga kemanusiaan nasional yang tergabung dalam South East Asian Humanitarian Committee (SEAHUM) seperti PKPU, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan ACT siap terjun mendistribusikan bantuan Filipina.

Sejumlah daerah yang terkena dampak terparah di Filipina antara lain kota Tacloblan di Provinsi Leyte, kota Iloilo di Vesayas dan di pulau Cebu akibat hantaman topan Haiyan yang merupakan topan super kategori 5.

Dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Rabu (13/11/2013), Presiden SEAHUM Agung Notowiguno mengatakan bahwa para relawan dari Indonesia dan Malaysia serta dibantu oleh mitra lokal di Filipina siap terjun ke daerah-daerah tersebut pada minggu ini. Dalam program aksi kemanusiaan ini, SEAHUM mengusung tema kampanye Love Philippines.

“Situasi sekarang adalah tanggap darurat, akses menuju ke sana terhambat oleh rusaknya berbagai infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara. Tim ke sana akan membantu melakukan evakuasi, distribusi kebutuhan pokok seperti makanan, selimut, air minum dan pelayanan kesehatan” jelasnya.

Ditambahkannya, tim juga akan bertindak sebagai tim pendahulu yang akan melakukan survei dan update situasi terkini sehingga akan menjadi acuan dalam mengirimkan bantuan dalam gelombang selanjutnya.

Menurut rencana, Rumah Zakat akan mengirimkan relawan berjumlah empat orang yang terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan, sementara PKPU (tiga orang), Dompet Dhuafa (dua orang) dan ACT (dua orang) yang terdiri dari tim tanggap bencana.

Menurut laporan PBB, korban akibat badai topan Haiyan sudah mencapai lebih dari 1.500 orang dan diperkirakan akan terus bertambah karena masih banyak daerah yang terisolir dan jenazah yang tertimpa reruntuhan bangunan. Lebih dari 600 ribu orang mengungsi yang tersebar di 1500 tempat pengungsian dan lebih dari 9,5 juta orang terkena dampak topan tersebut yang menjadikan Topan Haiyan salah satu topan terdahsyat yang pernah menghantam Filipina.

RI siap beri bantuan ke Filipina
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8274 seconds (0.1#10.140)
pixels