Generasi muda semakin jauh dari semangat pejuang

Senin, 11 November 2013 - 14:24 WIB
Generasi muda semakin...
Generasi muda semakin jauh dari semangat pejuang
A A A
Sindonews.com - Semangat kepahlawanan yang ditunjukkan oleh para pejuang dalam meraih kemerdekaan seharusnya dapat menjadi tauladan bagi generasi muda penerus bangsa. Demikian dikatakan Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Zainuddin.

Memaknai arti penting Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, Zainuddin menegaskan bahwa semangat pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan merupakan wujud dari adanya karakter yang pantang menyerah, bekerja ulet, dan gigih dalam mempertahankan kebenaran.

"Sudah sepatutnya karakter tersebut dapat diikuti oleh generasi penerus bangsa saat ini, terlebih lagi sikap tersebut harus dapat diwujudkan dalam dunia pendidikan, lingkungan masyarakat, hingga dunia usaha dan kerja," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Senin (11/11/2013).

Dia menyayangkan sikap generasi muda saat ini yang justru mencerminkan sikap yang jauh dari tauladan para pejuang kita. Dikatakannya bahwa fenomena penyimpangan sosial yang terjadi di kalangan pemuda kita seperti tawuran, perbuatan asusila hingga perbuatan melukai orang lain dengan menggunakan siraman air keras kini semakin memprihatinkan.

Zainuddin mensinyalir bahwa hal tersebut dapat terjadi di dalam kehidupan masyarakat kita dapat disebabkan oleh karena mulai hilangnya sikap keteladanan, baik dari orang tua di rumah maupun pendidik di lingkungan pendidikan.

Untuk itu, Zainuddin berharap kepada orang tua dan juga lingkungan sekolah sebagai tulang punggung utama pendidikan karakter, akhlak, dan keteladanan untuk lebih peduli terhadap perkembangan psikologis dan pendidikan generasi muda.

Zainuddin juga meminta agar pemerintah serius dalam upaya merealisasikan pendidikan karakter dan akhlak budi pekerti mulia di sekolah. “Hal ini penting, karena lembaga pendidikan lah yang menjadi wadah pembinaan akhlak dan mental generasi muda agar menjadi pribadi yang tangguh mewarisi semangat pejuang kemerdekaan kita”, pungkasnya.

Hari pahlawan, ini pesan Jokowi untuk warga
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)