Gerindra tolak penetapan DPT hari ini

Senin, 04 November 2013 - 14:40 WIB
Gerindra tolak penetapan...
Gerindra tolak penetapan DPT hari ini
A A A
Sindonews.com - Rencana Komisi Pemiihan Umum (KPU), untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT), rupanya mendapatkan penolakan dari sejumlah partai politik (parpol). Salah satunya dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ketua DPP Partai Gerindra bidang Advokasi Habiburokhman mengatakan, permintaan Gerindra untuk menunda DPT, lantaran KPU belum sepenuhnya melakukan pembersihan pemilih bermasalah.

"Permasalahan adanya sekitar 10 juta pemilih yang tidak memiliki NIK dalam DPT," kata Habiburokhman, di Gedung KPU, Jakarta, Senin (4/11/2013).

Selanjutnya kata dia, alasan Gerindra menolak penetapan DPT karena KPU tidak menindak lanjuti temuan Departemen Dalam Negeri terkait adanya 20,3 juta pemilih yang ada dalam DPT, tetapi tidak ada di Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

"Sebagaimana kita ketahui bahwa DP4, adalah bahan mentah disusunnya DPT. Tapi, bagaimana mungkin ada pemilih yang tiba-tiba muncul di DPT tanpa sebelumnya ada di DP4," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Gerindra juga mencermati permasalah 30 juta orang yang ada di DP4, tetapi tidak masuk dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

"Padahal setelah dicek secara acak dengan mengambil beberapa sampel ke lapangan, ternyata sebagian besar orangnya masih ada," ungkapnya.

Dari itu, kata Habiburokhman, pihaknya meminta kepada KPU agar tak terburu-buru untuk menetapkan DPT hari ini. Sebab, kata dia, Gerindra melihat KPU belum belum siap jika DPT harus dipaksakan hari ini.

Baca juga parpol jangan asal menilai DPT.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7607 seconds (0.1#10.140)