Mahasiswa IPB temukan bioplastik dari kulit jagung

Jum'at, 01 November 2013 - 01:42 WIB
Mahasiswa IPB temukan bioplastik dari kulit jagung
Mahasiswa IPB temukan bioplastik dari kulit jagung
A A A
Sindonews.com - Empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil menciptakan bioplastik daur ulang atau biodegradable dari kulit (klobot) jagung.

Keempat mahasiswa tersebut yakni Made Dirgantara, Miko Saputra, Eni Septi Wahyuni dan Muhammad Khalid.

Menurut mereka, selama ini kulit jagung di Indonesia banyak digunakan sebagai pakan ternak, pembungkus makanan tradisional, dan kerajinan tradisional.

"Pengembangan kulit jagung sebagai bioplastik biasa menjadi salah satu solusi untuk memaksimalkan kegunaan manfaat klobot jagung,” kata Eni Septi Wahyuni, salah satu penemu Bioplastik Klobot Jagung, dalam keterangan persnya, di Kota Bogor, Kamis 31 Oktober 2013.

Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi jagung di Indonesia pada tahun 2012 sebesar 19,37 juta ton. Produksi jagung dalam jumlah besar juga membawa dampak pada jumlah limbah jagung.

"Dari hasil panen buah jagung, bobot kulit jagung yang ditidak digunakan antara 38,38 persen. Sedangkan kulit jagung memiliki kandungan serat yang tinggi berkisar antara 38 persen hingga 50 persen dan kadar karbohidrat berkisar antara 38 persen sampai 55 persen," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)