Kontribusi caleg harus bisa dirasakan masyarakat

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 19:17 WIB
Kontribusi caleg harus bisa dirasakan masyarakat
Kontribusi caleg harus bisa dirasakan masyarakat
A A A
Sindonews.com - Direktur Eksekutif Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin mengatakan, calon anggota legislatif (caleg) muda dituntut kontribusinya terkait pengawasan daftar pemilih.

Pasalnya, kekuatan minim yang dimilikinya harus bisa ditunjang dengan hak suara yang sudah dihimpunnya.

"Soal DPT (Daftar Pemilih Tetap), dia harusnya yang ngomong menunjukkan dia yang bekerja sejak awal. Dia menghimpun data mana yang belum terdafar. Dia berkontribusi dulu. Mereka publikasikan itu. Saya belum pernah dengar," ujar Said di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2013).

Ditambahkan Said, caleg muda bisa melakukan berbagai advokasi untuk mengenalkan diri mereka ke masyarakat. Ini sekaligus merupakan langkah kontra terhadap caleg yang memiliki modal banyak.

"Ada metode lain. Di antaranya fungsi advokasi, apa yang jadi masalah di dapil (daerah pemilihan)? Itu cara menarik perhatian pemilih. Kalau dapil di Jakarta Utara ada penggusuran, penggusuruan itu diperjuangkan. Atau lahan sawit diambil alih pengusaha, lawan. Jadi masyarakat bisa merasakan kontribusinya. Fungsi advokasi ini belum maksimal," tuturnya.

Baca juga perjuangan caleg muda berantas budaya korupsi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)