Indonesia dan Serbia gelar kerja sama pendidikan

Kamis, 24 Oktober 2013 - 22:25 WIB
Indonesia dan Serbia gelar kerja sama pendidikan
Indonesia dan Serbia gelar kerja sama pendidikan
A A A
Sindonews.com - Duta Besar Indonesia untuk Serbia Semuel Samson mengatakan, kunjungan ini bukan hanya digunakan antar umat beragama. Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Serbia juga akan melakukan kerjasama bidang pendidikan antar perguruan tinggi (PT) di bidang agama.

"Tahun lalu sudah dilakukan MoU antara perguruan tinggi di Indonesia, dengan perguruan tinggi Katolik di Serbia," ujarnya, Kamis (24/10/2013).

Sebelumnya, dua negara ini adalah negara multikultur yang sudah membuat sejarah besar. Banyak penduduk Serbia adalah pemeluk agama asli di negaranya. Hal ini dikarenakan banyak migrasi yang dilakukan umat beragama ke Eropa saat ini.

"Indonesia harus belajar mengidentifikasi wilayah-wilayah mana saja, yang mempunyai kesamaan kultur yang kental. Misalnya daerah yang mempunyai masyarakat sebagai pemeluk agama asli bukan migran," ungkap dia.

Menurut dia, kerja sama ini juga berlanjut dalam segi pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Serbia ke Indonesia. Hal ini dinilai penting karena kerjasama ini harus berlanjut pada tingkat intelektual bukan hanya sebatas pemerintahan agar dapat lebih produktif.

Direktur Kantor Pemerintahan untuk Kerjasama dengan Gereja dan Komunitas Agama Serbia Mileta Radojevic mengatakan, dialog lintas agama berdampak positif dalam bidang keagamaan dan beberapa UU.

Pemaparan dan pengalaman per 2011 merupakan informasi dan sumber penting yang memiliki efek rancangan penetuan UU terkait keagamaan di Serbia.

Klik di sini untuk beirta terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7217 seconds (0.1#10.140)