Kantong darah tercemar HIV/AIDS, PMI harus waspada

Selasa, 22 Oktober 2013 - 16:19 WIB
Kantong darah tercemar HIV/AIDS, PMI harus waspada
Kantong darah tercemar HIV/AIDS, PMI harus waspada
A A A
Sindonews.com - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) diminta untuk meningkatan laboratorium dan screening donor darah.

Hal ini merupakan pencegahan tercemarnya kantong darah dengan virus Human immunodeficiency virus infection/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS).

Wakil Ketua Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf mengatakan, melihat beberapa kasus tercemarya kantong darah PMI dengan virus HIV/AIDS di beberapa daerah, tentunya sangat dikhawatirkan khususnya pada keamanan kantong darah di seluruh Indonesia.

Menurutnya, dalam hal ini, UTD harus tetap mewaspadai tanpa menunggu kasus berikutnya muncul. “Saya mengapresiasi langkah PMI untuk memastikan bahwa setap tetes darah yang didistrubusikan kepada masyarakat harus aman dan steril,” kata Nova saat dihubungi KORAN SINDO, Selasa (22/10/2013).

Menurut dia, segala kemungkinan dapat terjadi sehingga kantong darah tersebut dapat tercemar. Untuk itu UTD harus meningkatkan kewaspadaan sejak proses pendonoran darah serta dipastikan alat-alat donor darah dan kantong darah juga harus dipastikan steril.

“Yang terpenting adalah pendonornya harus lolos kriteria dengan melakukan pemeriksaan yang seksama dan teliti,” ujar dia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3820 seconds (0.1#10.140)