Gigi berlubang bisa sebabkan penyakit jantung

Selasa, 22 Oktober 2013 - 05:05 WIB
Gigi berlubang bisa sebabkan penyakit jantung
Gigi berlubang bisa sebabkan penyakit jantung
A A A
Sindonews.com - Persoalan gigi, nampaknya bukan menjadi prioritas masyarakat. Hal itu terlihat dari riset Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang hanya dua persen masyarakat yang rutin memeriksakan giginya.

Namun persoalan gigi nyatanya bisa mempengaruhi kesehatan tubuhlainnya. Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad drg Eky Soeria Soemantri mengatakan gigi berlubang dapat menyebabkan penyakit lain, salah satunya penyakit jantung.

Pasalnya gigi dan mulut terkandung berbagai macam bakteri. Jika tidak dirawat, bakteri bisa masuk ke peredaran darah dan ikut menyebar bersama aliran darah.

"Mulut dan gigi berlubang merupakan sarangnya bakteri. Saat bakteri masuk ke dalam tubuh, mengalir mengikuti darah, tidak ada yang bisa menahan. Bakteri bebas masuk dan menyerang organ tubuh mana saya yang dia mau. Makanya ada beberapa orang berpenyakit jantung, disebabkan karena gigi," kata Eky kepada Sindonews, Senin 21 Oktober 2013.

Selain jantung, kata Eky, bakteri bisa menyerang ke ginjal atau pun organ lainnya. "Jika gigi berlubang, otomatis penghancuran makan sebelum masuk ke dalam tubuh terganggu. Jadinya lambung bekerja lebih keras untuk mencerna. Dalam tahapan ini lambung yang bekerja bisa mengakibatkan maag," kata dia.

Dikatakan Eky, permasalahan utama terkait gigi adalah gusi berdarah dan gigi berlubang. "Ini yang harus disadari masyarakat untuk merawat giginya. Karena walaupun terlihat kecil, dampaknya besar," tutup Eky.

Baca berita:
Kesehatan gigi berpengaruh terhadap janin
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6546 seconds (0.1#10.140)