Pelantikan Sutarman diserahkan ke SBY

Sabtu, 19 Oktober 2013 - 04:25 WIB
Pelantikan Sutarman diserahkan ke SBY
Pelantikan Sutarman diserahkan ke SBY
A A A
Sindonews.com - Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Sutarman akhirnya selesai menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Pelantikan Sutarman kini diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Untuk itu, pihak Mabes Polri menyerahkan semuanya kepada anggota DPR dan juga tentunya kepada Presiden RI yang telah memilih Komjen Pol Sutarman sebagai kandidat satu-satunya untuk menjadi Kapolri. Termasuk agenda serah terima jabatan Kapolri serta pelantikannya.

"Kan masih ada mekanisme lain, kemarin haril dari parlemen, karena yang masukkan (nama Sutarman) adalah Presiden, hasilnya disampaikan ke Presiden, nanti Presiden yang menentukan langkah-langkah selanjutnya," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Agus Rianto, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2013).

Agus meyakini bahwa dipilihnya Sutarman untuk menjadi Kapolri oleh Presiden RI SBY sudah melalui banyak pertimbangan dan proses yang panjang.

"Banyak pertimbangan, yang jelas untuk Kapolri adalah untuk Kapolri syaratnya harus Kapolri aktif," ujar Agus.

"April Pemilu sehingga kemungkinan Pak Presiden menginginkan Polri sudah siap dengan pelaksanaan tugasnya. Sudah tidak memikirkan pergantian pemimpin dan seremonial. Sehingga kita lihat perkembangannya," sambungnya.

Baca juga berita Ini visi & misi Sutarman menjadi Kapolri.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)