Kepala BKKBN dianugerahi FK Unpad Award

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 17:52 WIB
Kepala BKKBN dianugerahi FK Unpad Award
Kepala BKKBN dianugerahi FK Unpad Award
A A A
Sindonews.com - Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) Bandung menyelenggarakan rangkaian acara Dies Natalis ke-56.

Dalam acara ini, FK Unpad menganugerahkan FK Unpad Award kepada Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof dr Fasli Jalal, PhD, SpGK. Penghargaan ini diberikan, karena Prof Fasli telah memberikan banyak kontribusi dalam pengembangan pendidikan kedokteran di Indonesia serta memiliki peranan kuat dalam bidang kesehatan ibu, anak dan gizi di Indonesia.

Secara khusus, Prof Fasli Jalal juga sangat berperan dalam pendirian Rumah Sakit Pendidikan Unpad-RSHS mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pembangunannya.

Usai menerima penghargaan, beliau memberikan orasi ilmiah di hadapan civitas akademika FK Unpad dengan judul, "Tantangan Pendidikan Tinggi Kedokteran dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa melalui Pengendalian Penduduk Menyongsong Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional".

Sebagai sebuah institusi pendidikan kedokteran, FK Unpad menyadari pentingnya memberikan perhatian dan penghargaan, tidak saja secara internal tetapi juga memberikan penghargaan terhadap tokoh yang memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.

Peringatan Dies Natalis ini digelar selama dua hari, 18-19 Oktober 2013. Bertempat di dua kampus utama FK Unpad yaitu di Jalan Eijkman No. 38 Bandung dan Kampus Jatinangor.

Acara peringatan Dies Natalis ke-56 FK Unpad ini dihadiri oleh Rektor Unpad, Kepala BKKBN, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, para guru besar FK Unpad, dan tamu undangan lainnya yang merupakan stakeholder dari FK Unpad dan sivitas akademika FK Unpad.

Acara yang melibatkan seluruh sivitas akademika dan stake holder FK Unpad ini memiliki esensi dasar yang sekaligus menjadi tujuan dari pemilihan konsep acara yaitu integrasi antara penelitian pengabdian dan pendidikan.

Acara dibuka dengan pidato Dekan FK Unpad Prof Dr.med Tri Hanggono Achmad, dr. Dekan FK Unpad memaparkan pencapaian berkaitan dengan satu tahun setelah dicanangkannya Rencana Strategis (Renstra) FK Unpad pada tahun 2012 lalu yaitu Research and Education Excellence for Society to Promote Nation Competitiveness (RESPeCt).

Diharapkan dengan pelaksanaan Renstra yang baru ini FK Unpad dapat menjadi institusi pendidikan kedokteran yang membangun keunggulan di bidang riset terintegrasi dalam pendidikan yang memberikan dampak bagi kemaslahatan umat serta meningkatkan daya saing bangsa.

Kegiatan Dies Natalis ke-56 FK Unpad yang diketuai oleh Arief S. Kartasasmita, dr., SpM (K), MKes,PhD ini merupakan rangkaian kegiatan yang menyampaikan hasil penelitian-penelitian (research excellence) yang sudah dipublikasikan secara internasional serta hibah kompetitif yang didapatkan untuk pengembangan penelitian. Paparan tersebut disampaikan dalam acara Pekan Ilmiah Tahunan berupa presentasi poster penelitian dan persentasi oral penelitian.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ini akan ditutup pada hari Sabtu 19 Oktober 2013 dengan kegiatan Sepeda Santai dari Gedung RS Pendidikan Unpad-RSHS, Jalan Eijkman No. 38 Bandung menuju Kampus FK Unpad di Jatinagor.

Acara dilanjutkan dengan perlombaan tradisional seperti lomba egrang, lomba balap karung, balap kaleci, dan lomba tok tak. Acara akan ditutup dengan ramah tamah keluarga besar FK Unpad.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8051 seconds (0.1#10.140)