Sutarman: Polri masih membutuhkan Pam Swakarsa

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 01:04 WIB
Sutarman: Polri masih...
Sutarman: Polri masih membutuhkan Pam Swakarsa
A A A
Sindonews.com - Hari ini calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Sutarman mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR RI. Dalam fit and proper test tersebut, Sutarman mendapatkan pertanyaan dari salah satu anggota Komisi III DPR RI terkait dengan pasukan pengamanan masyarakat swakarsa (Pam Swakarsa).

Sutarman berpendapat, bahwa sampai saat ini Polri masih membutuhkan Pam Swakarsa untuk mengamankan seluruh wilayah se-Indonesia.

"Pam Swakarsa masih dibutuhkan, karena Polri masih belum dapat mengamankan seluruh wilayah (Indonesia) ini," kata Sutarman saat menyampaikan pendapatnya di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2013).

Untuk diketahui, dibutuhkannya Pam Swakarsa agar pengawasan keamanan dapat menjadi lebih efektif. Pada masa orde baru sendiri, Pam Swakarsa telah disalahgunakan oleh penguasa untuk mematai-matai masyarakat, untuk menekan berkembangnya demokrasi, merepresi masyarakat yang tak setuju dengan tindakan pemerintah yang merugikan rakyat. Akibat lain dari Pam Swakarsa, yang terjadi bentrokan horizontal antar masyarakat.

Baca berita:
Sutarman diminta perbaiki citra buruk polisi
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)