SBY mengalami kegundahan mental

loading...
SBY mengalami kegundahan mental
SBY mengalami kegundahan mental
A+ A-
Sindonews.com - Pengamat psikologi sosial dari Universitas Gundharma, Djamaludin Ancok, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sedang mengalamai kegundahan mental.

Menurut Djamaluddin, Presiden SBY mendapatkan masalah serta serangan bertubi-tubi baik dalam negeri maupun luar negeri. Dari dalam negeri, Djamaludin mencontohkan mulai dari partai politik yang dipimpinnya yang tidak kompak hingga dari lawan politiknya. "Sehingga serangan seperti itu menjadikan mental serta psikologi beliau tertekan," tegas Djamaludin, di Jakarta, Selasa (15/10/2013).

Kondisi mental Presiden yang sudah seperti itu, jika mendapatkan serangan lagi dari lawan politiknya akan langsung bereaksi keras, seperti ketika dikatakan bahwa Bunda Putri adalah sosok yang sangat dekat dengan SBY oleh mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq ketika bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2013.

"Ketika Presiden sedang dalam suasana emosi dan gundah, ia pasti akan bereaksi keras ketika mendengar kabar itu," jelas Djamaludin yang pernah menjadi guru besar psikologi sosial di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.



Reaksi keras Presiden atas tudingan Luthfi, kata Djamaludin bisa menjadi kecurigaan masyarakat bahwa sosok Bunda Putri memang orang dekat Presiden. Namun Djamaludin tidak mau berspekulasi tentang itu. "Itu serangan tekanan mental," katanya.

Adanya keinginan Presiden untuk memberikan klarifikasi benar-tidaknya kedekatan Bunda Putri dengan Presiden, kata Djamaludin, justru langkah yang paling tepat. Jadi nanti akan terbukti apakah Bunda Putri orang dekat Presiden atau memang psikologi mental Presiden sedang gundah karena banyak tekanan. "Sehingga Presiden harus benar-benar membuktikan itu," tukasnya.

Baca juga berita Bantahan SBY soal Bunda Putri bisa jadi bumerang.
(lal)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top