Gangguan penglihatan bisa sebabkan kebutaan

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 20:58 WIB
Gangguan penglihatan bisa sebabkan kebutaan
Gangguan penglihatan bisa sebabkan kebutaan
A A A
Sindonews.com - Akibat pesatnya perkembangan teknologi, kesehatan mata pun ikut terpengaruh. Salah satunya banyaknya penderita gangguan mata usia dini dan itu tak disadari.

"Hal ini membuat penanganan kesehatan mata menjadi terlambat. Sebenarnya untuk mendeteksinya cukup mudah, hanya dengan mencoba penglihatan satu mata dengan menutup mata lainnya. Jika terjadi perbedaan, dipastikan ada gangguan penglihatan," kata Ketua Yogyakarta Eye Study, Suhardjo, di Yogyakarta, Jumat (11/10/2013).

Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM) ini menjelaskan, gangguan penglihatan tersebut harus ditangani sejak dini. Sebab gangguan kornea bisa mengakibatkan kebutaan pada seseorang.

Menurutnya, kebutaan dipastikan akan mempengaruhi kesejahteraan hidup seseorang. "Kebutaan bisa menimbulkan kemiskinan karena tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal. Karena hubungan inilah, kesehatan mata menjadi salah satu faktor penting mencapai Millennium Development Goals (MDGs)," ucapnya.

Dia menjelaskan, pada mahasiswa angkatan pertama program studi (prodi) pendidikan kedokteran saja, 69 persen mahasiswanya terdeteksi mengalami gangguan penglihatan. "Kesadaran akan gangguan penglihatan mata itu yang masih kurang. Pada usia SD, 87 persen dari penderita gangguan mata justru tidak tahu mereka telah mengalaminya," pungkasnya.

Ikut berita terkait, pentingnya deteksi dini terkait gangguan penglihatan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8646 seconds (0.1#10.140)